Hapus

KONEKSI DAN TARIF INTERNET DI ASIA TENGGARA

Berapa kecepatan maksimal dan tarif yang ditetapkan di negara Asia Tenggara?

Di dunia serba digital seperti sekarang kebutuhan internet tidak lagi menjadi kebutuhan tersier melainkan sekunder atau bahkan premier bagi mereka yang mencari penghasilan melalui internet. Meski kebutuhan internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian orang, namun apakah kecepatan internet sudah cukup memadai? dan bagaimanakah tarif yang ditawarkan?

Kecepatan Maksimal Internet di negara Asia Tenggara

Berdasarkan hasil studi, kecepatan rata-rata internet kabel di Asia Tenggara yang dirangkum berdasarkan 10 negara adalah 45,69 Mbps. Dimana peringkat pertama untuk kategori negara yang memiliki koneksi internet kabel terbaik diraih oleh Singapura dan disusul oleh Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Berdasarkan hasil studi, kecepatan rata-rata internet seluler di Asia Tenggara adalah 21.82 Mbps. Jika Singapura menduduki peringkat pertama untuk negara yang memiliki koneksi internet kabel terbaik, maka tidak mengejutkan jika negara yang memiliki gelaran macan Asia ini kembali menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki akses internet seluler tercepat se Asia Tenggara.


Tarif Layanan Internet di Asia Tenggara

Setiap negara memiliki maksimal kecepatan koneksi internet yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti infrastruktur, kondisi geografis dan sebagainya. Biasanya, penyedia layanan internet menawarkan paket internet dengan kecepatan koneksi mulai dari 10 Mbps hingga 2 Gbps. Namun, negara yang mampu memberikan kecepatan koneksi hingga 2 Gbps masih sangat terbatas terutama di Asia tenggara. Tarif layanan dan paket internet yang ditawarkan oleh sejumlah internet provider bervariasi sesuai dengan kecepatan koneksi internet yang diberikan. Berdasarkan hasil studi, semakin tinggi kecepatan koneksi yang ditawarkan maka tarif yang dikenakan akan semakin murah.